PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI II KECILA, KEMRANJEN,BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Kafa, Wilda Mutiara (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI II KECILA, KEMRANJEN,BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wilda Mutiara Kafa.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri II Kecila, Kemranjen, Banyumas tahun ajaran 2011/ 2012. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi (quasi experiment). Desain penelitian ini menggunakan Pre Test Post Test Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri II Kecila sebanyak 39 siswa, dengan kelas paralel IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen diuji menggunakan validitas konstruk dengan pendapat ahli (expert judgement). Sementara itu, validitas isinya dengan membandingkan isi instrumen dengan materi yang telah diajarkan. Uji reliabilitas instrumen dengan teknik KR-20, diperoleh nilai reliabilitas hitungan () sebesar 0,834 dan r kritik tabel sebesar 0,297, sehingga instrumen tersebut dapat dikatakan sudah reliabel. Data dianalisis dengan analisis deskriptif sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji-t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar IPS pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mempunyai skor rerata sebesar 22,00 dan kelompok kontrol menunjukkan skor rerata sebesar 18,16. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil Post Test mata pelajaran IPS pada siswa yang diberi perlakuan (kelompok eksperimen) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang tidak diberi perlakuan (kelompok kontrol). Selanjutnya untuk mengetahui perbedaan yang nyata maka dilakukan analisis statistik dengan uji-t, yang didapatkan harga t sebesar 5,297. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV. Kata kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item View Item