HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS SABDOPALON II KECAMATAN BONOROWO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012

Khasanah, Uswatun (2012) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS SABDOPALON II KECAMATAN BONOROWO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Uswatun Khasanah.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri se-gugus Sabdopalon II kecamatan Bonorowo kabupaten Kebumen tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di gugus Sabdopalon II kecamatan Bonorowo. Jumlah siswa sebanyak 82 orang, terdiri dari 42 perempuan dan 40 laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri se-gugus Sabdopalon II kecamatan Bonorowo kabupaten Kebumen tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis korelasi Product Moment antara kemampuan membaca dengan hasil belajar IPA diperoleh rxy (0,645) > r tabel (0,214) pada taraf signifikansi 0,05 (5%). Dari hasil analisis tersebut berarti tingkat hubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar IPA berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: kemampuan membaca, hasil belajar IPA, SD Negeri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item View Item