KONTRIBUSI PENGUASAAN STRATEGI BELAJAR META-KOGNITIF,KOGNITIF,SOSIO-AFEKTIF,DAN KETRAMPILAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS-TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISwA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS IKIP YOGYAKARTA,FKIP UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA, DAN FKIP UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

FERRY, ADENAN (1998) KONTRIBUSI PENGUASAAN STRATEGI BELAJAR META-KOGNITIF,KOGNITIF,SOSIO-AFEKTIF,DAN KETRAMPILAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS-TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISwA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS IKIP YOGYAKARTA,FKIP UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA, DAN FKIP UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
KONTRIBUSI_PENGUASAAN_STRATEGI_BELAJAR.doc

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penguasaan strategi belajar meta-kognitif, kognitif, sosio-afektif, ketrampilan membaca, dan kemampuan memahami teks-teks bahasa .Lnggrisyang dimiliki oleh mahasiswa jurusan pendidikan bahasa.Inggris angkatan 1994 dan 1995 di IKIP Yogyakarta, FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dan FKIP Universitas Ahmad Dahlan pada tahun ake.demi1997/1998; menemukan ada tidaknya hubungan yang signifikan antara strategi belajar meta-kognitif dan kemampuan memahami teks-teka bahasa Inggris; menemukan ada tidaknya hubungan yang signifikan antara strategi b~lajar kognitif dan kemampuan memahami teks-teks bahasa Inggris; menemukan ada dan tidaknye.hubungan yang signifikan antara strategi belajar sosio- afektif dan kemampuan memahami teks-teks bahasa Inggris; menemukan ada dan tida.knya hubungan yang signifikan antara ketrampilan membaca dan kemampuan memahami teks-teks bahasa Inggris; menemukan ada dan tidaknya hubungan yang signifikan antara strategi belajar meta-kognitit, kognitif, den sosio-afektif', dan ketrampilan membaca dan kemampuan memahami teks-teks bahasa Inggris; dan menemukan ada dan tidaknya perbedaan yang signif'ikan tentang penguasaan pemahaman teks-teks bshasa Inggris yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris angkatan 1994 dan 1995 dari ketiga .perguruan tinggi, yaitu IKIP Yogyakarta, FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dan FlaP Universitas Ahmad Dahlan. Variabel penelitian meliputi empat variabel bebas yang terdiri dari strategibelajar meta-kognitif'(X1), strategibe- Iajar kognitif (X2), strategi belajar sosio-afektit (X3), dan ketrampilan membaca (X4), dan satu variabel terikat: kemampuan memahami teka-teks bahasa Inggris (Y). Populasi penelitian terdiri atas 333 mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris angkatan 1994 dan 1995 IKIP Yogyakarta, FKIP UST, dan FKIP UAD. Karena populasi terlalu besar, peneliti mengaplikasikan sistem sampling dengan menggunakan teknik nomogram yang ditulis Harry King. Dari teknik nomogram tersebut dihasilkan 143 sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas kuesioner strategi belajar meta-kognitit, kognitif, dan sosio-atektit, kuesioner ketrampilan membaca, dan tes kemampuan memahami teks-teks bahasa Inggris. Dari data yang ada, dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif (mean dan standar deviasi) dan statistik inf'erensial,yaitu uji korelasi Product Moment (regresi umum), uji regresi ganda, dan uji ANAVA. x - - - ---- --.-------- Hasil analisis dengan menggunakan komputer menunjukkan bahwa: (1) penguasaan strategi belajar meta-kognitif, kognitif, sosio-atektif, ketrampilan membaca, dan kemampuan memahami teks teks bahasa Inggris yang dimiliki mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris angkatan1994 den 1995 IKIP Yogyakarta, FKIP UST, dan FlaP UAD masih dalam kategori sedang; (2) ada hubungan yang signi.tikan antara strategi bela~ar meta-kognitif den kemampuan memahami teks-teks bahasa Ing~J.s (rxjY= 0.409> r tabel - 0.159, pada taraf signifikansi 5%); (3) ada liubunganyang signifikan antara strategi belajar kognitif dan kemampuen memahami teksteks bahasa Ing~is (rx2y:s0.410:> r tabel = 0.159, pada tarat signifikensi 5%); (4) ada hubungan yang signifikan antara strategi belajar sosio-atektif den kemampuan memahami taks-teks bahasa Inggris (rx3y = 0.351> r tabel = 0.159, pada tarat signifikansi 5%); (5) ada hubungan yang signifikan antara ketrampi- Ian membaca dan kemampuan memahami teka-teka bahasa Inggria (rx4y = 0.475> r tabel = 0.159, pada taraf signifikanai 5%); (6) ada hubungan yang signifikan antara strategi belajar metakognitif, kognitif, sosio-afektif,den ketrampilan membaca dan tkeambaemlp=ua2n.1m1e0m, ahpaamidatteakras!-teskisgbnaihfaiskaanIsnig5g%r)i;s ((-~()e.J!cla =pe1r9be.7d.8aa4n >F yang signifikan tentang penguasaan kemampuan memahami teks-taka bahasa Inggris mahasiawa dari ketiga perguruan tinggi tersebut (F analisis .. 26.083> F tabel = 3.060, pada tarat signifikansi 5%). 2 Bertitik tolak pada analisis regresi ganda diperoleh nilai R . 0.364 yang mengandung pengertian bahwa keempat variabel bebas tersebut memberikan sumbangan sebesar 36.~ terhadap kemampuan memahami teks-teka babasa Inggris. Di samping itu, sumbangan masing-masing variabel bebas ade.lah sebagai berikut: stratesi meta-kognitif sebesar 9.650~, kognitif sebesar 8.034~, sosio-afektif sebesar 5.636~, dan ketrampilan membaca memberikan sumbangan sebesar 13.125~ terhadap kemampuan memahami teka-teks bahasa Inggris.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item