IDENTIFIKASI RAGAM KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (STUDI KASUS PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2016/2017)

Laili, Inayatul (2017) IDENTIFIKASI RAGAM KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (STUDI KASUS PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2016/2017). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ragam kesulitan belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ngemplak tahun ajaran 2016/2017 pada materi sistem saraf dan (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ngemplak tahun ajaran 2016/2017 pada materi sistem saraf. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah 65 siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ngemplak. Data yang diungkapkan adalah ragam kesulitan belajar dan faktor kesulitan belajar. Data ragam diungkap dengan tes materi dan angket. Data faktor internal (minat belajar, motivasi belajar, kebiasaaan belajar, intelegensi, kesiapan dan kesehatan jasmani) dan faktor eksternal terdiri dari 3 sub faktor antara lain sub faktor guru (kemampuan, peranan), faktor sekolah (media belajar, sumber belajar, suasana belajar, dan sarana dan prasarana), faktor orang tua(perhatian, peranan, dan suasana belajar) diungkap menggunakan angket tertutup, untuk melengkapi data dilakukan observasi dan angket terbuka. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif tentang persentase kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam kesulitan belajar sub materi sistem saraf yang dialami siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ngemplak tahun ajaran 2016/2017 yaitu menjelaskan mekanisme kerja sistem saraf dan mengaitkan struktur dan fungsi sistem saraf. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa disebabkan oleh faktor internal yang bersumber dari kebiasaan dan kesiapan belajar, dan faktor eksternal yang bersumber dari media dan suasana belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Ragam Kesulitan Belajar, Sistem Saraf
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:34
Last Modified: 30 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54640

Actions (login required)

View Item View Item