PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI KONSEP-KONSEP KIMIA

Sukisman , Purtadi , M.Pd. PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI KONSEP-KONSEP KIMIA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Sukisman_Purtadi.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil media penilaian kimia berbentuk soal–soal dengan bentuk multimedia yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif untuk pembelajaran kimia SMA/MA berdasarkan kriteria kualitas media penilaian yang baik dan kualitas Tes Chemistry Concept Inventory Berbasis Multimedia yang dikembangkan dalam mengidentifikasi mis¬konsepsi pada peserta didik SMA/MA Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Media penilaian kimia berbentuk soal–soal dengan bentuk multimedia yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif untuk pembelajaran kimia SMA/MA ini telah dinilai berdasarkan kriteria kualitas media penilaian yang baik, yaitu aspek konsep, kesesuaian, audio, visual, kebahasaan dan keterlaksanaan Tes Chemistry Concept Inventor Berbasis Multimedia yang dikembangkan dalam mengidentifikasi miskonsepsi pada peserta didik SMA/MA ini memiliki kualitas baik. Rerata nilai CD yang diperoleh adalah 4,26 dengan standar deviasi 0,19. FMIPA, 2008 (PEND. KIMIA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 12 Sep 2012 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item View Item