Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik melalui Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD.

Setyaningrum, Christin (2017) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik melalui Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-christin-setyaningrum-15712251028.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode Problem Based Learning yang layak dan efektif untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD). Penelitian pengembangan ini mengacu pada kesepuluh langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall (1983: 775-776). Subjek uji coba lapangan tahap awal sebanyak enam siswa kelas IV SD Negeri Serayu. Subjek uji coba lapangan utama sebanyak dua belas siswa kelas IV SD Kanisius Joannes Bosco. Subjek uji coba lapangan operasional pada kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dari SD Negeri Serayu dan 21 siswa dari SD Kanisius Joannes Bosco. Subjek uji coba lapangan operasional pada kelas kontrol sebanyak 19 siswa dari SD Muhammadiyah Gendeng. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penilaian buku cerita bergambar untuk ahli materi dan ahli bahasa, angket respon guru, angket respon siswa, angket variabel rasa ingin tahu, dan soal tes uraian variabel kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-test (uji t) dan Paired Sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode Problem Based Learning (PBL) yang layak dan efektif untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD). Kelayakan buku cerita bergambar didasarkan pada hasil validasi ahli, uji coba lapangan tahap awal, dan uji coba lapangan utama. Keefektifan buku cerita bergambar didasarkan pada hasil Independent Sample t-test (uji t) dan Paired Sample t-test dengan taraf signifikansi < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar, pendekatan saintifik, metode problem based learning, rasa ingin tahu, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:13
Last Modified: 09 May 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53850

Actions (login required)

View Item View Item