Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Guided Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Tematik-Integratif di Kelas V SDN 2 Padokan Bantul Yogyakarta

Sutisna, Atang (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Guided Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Tematik-Integratif di Kelas V SDN 2 Padokan Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atang-sutisna-15712251048.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep, dan (3) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry dan guided discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalen control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas V SDN 2 Padokan terdiri dari tiga kelas. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas Vb diberikan perlakuan model pembelajaran guided inquiry, kelas Vc dengan model pembelajaran guided discovery dan kelas Va diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes uraian 10 butir soal untuk mengatahui kemampuan berpikir kritis dan tes uraian 10 soal untuk mengetahui pemahaman konsep. Selanjutnya, untuk mengatahui pengaruh dan perbedaan penerapan model pembelajaran, data dianalisis secara multivariat menggunakan uji T2 Hotteling’s Trace dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran guided inquiry dan guided discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep dengan nilai signifikansi 0,024 < 0,05

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry,guided discovery, berpikir kritis dan pemahaman konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:42
Last Modified: 09 May 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53793

Actions (login required)

View Item View Item