Implementasi pendidikan karakter di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta.

Alfajar, Lukman Hakim (2017) Implementasi pendidikan karakter di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lukman-hakim-alfajar-15712251033.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan karakter di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Unit analisis penelitian adalah SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Penentuan subjek menggunakan teknik snowball sampling, kepala sekolah sebagai informan kunci yang menunjuk beberapa guru dan siswa sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan tiangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis penelitian ini menggunakan model interaktif Milles & Huberman. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Implementasi pendidikan karakter di SDIT Alam Nurul Islam mengangkat nilai religius, jujur, toleransi, gemar membaca, disiplin dan tanggung jawab dilakukan dengan (1)program pengembangan diri,(2) pembelajaran, dan (3) budaya sekolah. Program pengembangan diri dilakukan melalui (a) kegiatan rutin,(b) kegiatan spontan,(c) keteladanan, dan (d) pengkondisian. Kegiatan rutin diantaranya adalah piket kelas, buka kelas melalui pemberian motivasi,tutup kelas dengan merangkum di akhir proses pembelajaran,tugas piket beternak serta berkebun, kegiatan jual beli saat market day setiap hari jum’at, outbond, berkemah/Mukhayyam; kegiatan spontan dilakukan melalui penggalangan dana bencana alam, berbagi rizqi kepada sesama; keteladanan dilakukan guru dalam berpakaian, disiplin, sikap peduli dan kasih sayang; pengkondisian dilakukan dengan menyediakan fasilitas tempat sampah, toilet, kandang ayam, rumah kaca untuk memelihara tanaman, area outbond dan ruang kelas terbuka. Pembelajaran dilakukan dengan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi yang memuat nilai karakter pada visi misi sekolah, rencana pembelajaran dalam bentuk weekly meskipun belum memenuhi syarat dokumen RPP, melaksanakan proses pembelajaran dengan metode experiential learning dan evaluasi pembelajaran mengukur aspek pengetahuan,sikap dan ketrampilan menggunakan tes tertulis serta praktik. Budaya sekolah terdapat pada(a) kegiatan kurikuler,(b) penciptaan suasana dan kebijakan sekolah,(c) kegiatan eksrakurikuler.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan karakter, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:13
Last Modified: 09 May 2019 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53769

Actions (login required)

View Item View Item