KENDALA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH YANG MENERAPKAN PENDIDIKAN INKLUSI SMP NEGERI 2 SEWON

SAEFUL AJI SUCIPTO, SAEFUL AJI SUCIPTO (2017) KENDALA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH YANG MENERAPKAN PENDIDIKAN INKLUSI SMP NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
1. Awal 12416241066.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I 12416241066.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II12416241066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img]
Preview
Text
4. BAB III 12416241066.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV 12416241066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V 12416241066.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkasan 12416241066.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. E-Journal 12416241066.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui bagaimana guru melaksanakan proses pembelajaran IPS di kelas inklusi SMP Negeri 2 Sewon. Kedua, untuk mengetahui apa saja kendala yang ditemui oleh guru saat melaksanakan proses pembelajaran IPS di kelas inklusi SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh guru IPS di SMP Negeri 2 Sewon yang mengajar di kelas inklusi yang berjumlah tiga guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pada kegiatan pendahuluan guru IPS di kelas inklusi melakukan kegiatan mengkondisikan kelas, memberikan salam, melakukan presensi, memberikan pesan atau motivasi; 2) pada kegiatan inti, materi yang digunakan guru IPS di kelas inklusi tidak membedakan antara siswa normal dengan siswa ABK, guru IPS menggunakan metode ceramah dan diskusi, media yang digunakan adalah papan tulis dan power point, guru IPS melakukan evaluasi dengan memberikan soal serta memerintahkan siswa merangkum materi pembelajaran; 3) pada kegiatan akhir guru menyampaikan kesimpulan, memberikan motivasi kepada seluruh siswa khususnya siswa ABK, serta memberikan salam penutup. Kendala yang ditemui guru dalam proses pembelajaran IPS di kelas inklusi: 1) guru IPS terkendala untuk membuat siswa ABK slow learner memahami materi pembelajaran; 2) guru kesulitan menyesuaikan metode pembelajaran dengan keterbatasan siswa ABK tuna rungu dan slow learner; 3)guru IPS terkendala dalam menyediakan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi setiap keterbatasan dari siswa ABK. Kata Kunci: Guru, Proses Pembelajaran IPS, Inklusi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 30 Oct 2017 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53645

Actions (login required)

View Item View Item