JUSTINUS ALDO SAPUTRA, JUSTINUS ALDO SAPUTRA (2017) Peran Bengkel Kereta Api Pengok Dalam Perawatan Lokomotif Milik Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij Jalur Semarang-Vorstenlanden 1914-1950. S1 thesis, FIS.
|
Text
HALAMAN DEPAN 13407144027.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I 13407144027.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
BAB II 13407144027.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
|
Text
BAB III113407144027.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
BAB IV 13407144027.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
|
Text
BAB V 13407144027.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI 13407144027.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL 13407144027.pdf Download (799kB) | Preview |
Abstract
Kereta api merupakan alat transportasi yang berperan penting pada masa Kolonial di Hindia Belanda. Dibangun pertama kali oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij dengan rute awal Semarang-Vorstenlanden. Dalam menunjang perjalanan kereta api dibangunlah Bengkel Kereta Api Pengok sebagai tempat perawatan lokomotif milik NIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pembangunan Bengkel Kereta Api Pengok di Yogyakarta, mengetahui perkembangan Bengkel Kereta Api Pengok pada masa Kolonial, Jepang, hingga Indonesia Merdeka, dan mengetahui dampak Bengkel Kereta Api Pengok dalam perkembangan masyarakat Yogyakarta Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode historis yang meliputi tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Heuristik adalah mencari dan menemukan sumber untuk memperoleh data-data peristiwa sejarah. Verifikasi dilakukan untuk mendapatkan sumber yang otentik dan dapat dipercaya. Pada tahap selanjutnya, sumber yang telah diyakini otentisitas/keaslian dan kredibilitas informasinya tersebut diinterpretasi sehingga fakta-fakta sejarah yang telah ditemukan dapat tersusun dan menjadi sebuah kisah peristiwa. Selanjutnya disusun dalam bentuk historiografi untuk menghasilkan tulisan sejarah yang berlandaskan fakta-fakta yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bengkel Kereta Api pertama milik NIS awalnya berada di Semarang. Setelah jalur kereta api NIS mengalami perkembangan, akhirnya dibangunlah Bengkel Kereta Api yang lebih besar dan memadai di daerah Pengok. Sejak masa Kolonial hingga Kemerdekaan Indonesia, Bengkel Kereta Api Pengok berperan penting dalam perbaikan lokomotif milik NIS. Keberadaan bengkel kereta api Pengok juga berpengaruh bagi masyarakat sekitar Yogyakarta, terutama memberikan lapangan pekerjaan serta tempat tinggal bagi para pekerja. Kata Kunci: Kereta Api, Bengkel Kereta Api Pengok, Yogyakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 00:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53616 |
Actions (login required)
View Item |