Hubungan Motivasi Belajar, Persepsi Siswa mengenai Kreativitas Guru dalam Mengajar, dan Sikap Ilmiah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bantul.

Astuti, Ratna Dwi (2017) Hubungan Motivasi Belajar, Persepsi Siswa mengenai Kreativitas Guru dalam Mengajar, dan Sikap Ilmiah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-dwi-astuti-15712251044.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (2) hubungan antara persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar, (3) hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar, serta (4) hubungan antara motivasi belajar, persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar, dan sikap ilmiah secara bersama-sama dengan hasil belajar pada siswa kelas IV sekolah dasar negeri se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Penelitian ini dilaksanakan di 17 sekolah dasar negeri se-Kecamatan Bantul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar negeri se-Kecamatan Bantul sebanyak 699 siswa. Sampel sebanyak 233 siswa berasal dari seluruh sekolah yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner yang digunakan berupa skala motivasi belajar, skala persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar, dan skala sikap ilmiah. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan nilai raport sebagai data mengenai hasil belajar. Validitas instrumen dilakukan dengan validasi tampang oleh dosen pembimbing dan validasi isi melalui expert judgment. Validitas konstruk instrumen dilakukan melalui analisis faktor eksplanatori dan estimasi reliabilitas dengan menggunakan koefisien cronbach alpha yang dilaksanakan terhadap 51 siswa dari seluruh sekolah. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar yang ditunjukkan nilai r=0,195 (p=0,003), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar yang ditunjukkan nilai r=0,240 (p=0,000), (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar yang ditunjukkan nilai r=0,230 (p=0,000), serta (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar, dan sikap ilmiah secara bersama-sama dengan hasil belajar yang ditunjukkan nilai R=0,316 (p=0,000).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar, sikap ilmiah, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:37
Last Modified: 09 May 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53522

Actions (login required)

View Item View Item