Pemahaman Guru Tentang Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta

Nurlita Andari Putri, Nurlita Andari Putri (2017) Pemahaman Guru Tentang Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN 13401241002.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 13401241002.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 13401241002.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 13401241002.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI 13401241002.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL 13401241002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pemahaman guru tentang pelaksanaan kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dari segi perubahan nama, tujuan, materi metode (2) tanggapan guru tentang pelaksanaan kurikulum PPKn Di SMK Negeri Se-Kota Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive kriteria yang sesuai adalah guru S1 Prodi PPKn. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dengan cross check data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menyiapkan dan mengorganisasikan data yaitu membentuk tema, kategori, pola serta makna. Hasil penelitian mendeskripsikan, Pertama, Pemahaman Guru SMK Negeri se-Kota Yogyakarta mengenai pelaksanaan kurikulum dari segi nama, tujuan, materi dan metode dari mata pelajaran PPKn yaitu: a) pemahaman dari segi perubahan nama digambarkan dalam kategori tidak mempengaruhi kegiatan KBM, mempengaruhi materi, guru mengalami kebingungan. Pola nya perubahan nama PPKn menyebabkan guru mengalami kebingungan sehingga mempengaruhi materi yang diajarkan kepada peserta didik. b) pemahaman dari segi tujuan digambarkan dalam kategori menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang baik, menanamkan nilai-nilai patriotisme, mencerdaskan kehidupan bangsa, diberi kebebasan dalam menentukan tujuan. Pola nya perubahan tujuan PPKn tetap mengacu pada tujuan Pendidikan Nasional. c) pemahaman dari segi materi digambarkan dalam kategori materi terlalu luas dan global, mengalami banyak tumpang tindih, materi terbaru, tidak bisa dipisahkan dari rezim yang berkuasa. Pola nya perubahan materi PPKn yang berlaku saat ini tidak bisa dipisahkan dari rezim yang berkuasa, materi PPKn saat ini yang mengalami tumpang tindih atau materi yang berulang-ulang contohnya pada materi Hak Asasi Manusia. Peserta didik juga lebih tertarik terhadap materi PPKn dengan menganalisis kasus-kasus yang sedang hangat dibicarakan di media massa atau berita terkini di masyarakat. d) pemahaman dari segi metode digambarkan dalam kategori tidak banyak megalami perubahan, bervariasi, tidak mengalami kesulitan, memperhatikan kompetensi dasar. Pola yang muncul perubahan metode PPKn tidak banyak terjadi, metode yang digunakan berupa ceramah, diskusi maupun problem solving. Kedua, Tanggapan Guru mata pelajaran PPKn terhadap pelaksaan kurikulum di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta digambarkan dalam kategori Kurikulum PPKn berdampak positif dan negatif. Pola nya yaitu kurikulum yang berjalan sesuai aturan pemerintah dan dapat diterapkan di suatu sekolah dengan baik juga berakibat positif dalam pelaksanaan proses pembelajaran di dalam kelas. Sebaliknya pelaksanaan kurikulum yang tidak sesuai karena ketidakberhasilan pemerintah maupun guru dalam menerapkan kurikulum tersebut juga berdampak negatif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Pemahaman Guru dan Pelaksanaan Kurikulum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 19 Oct 2017 00:28
Last Modified: 30 Jan 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53387

Actions (login required)

View Item View Item