Implementasi Penilaian Otentik pada Sekoah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Dompu

Syarifuddin, Syarifuddin (2017) Implementasi Penilaian Otentik pada Sekoah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Dompu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syarifuddin-12701251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas perencanaan penilaian otentik pada SD Negeri di Kabupaten Dompu, (2) mengetahui kualitas pelaksanaan penilaian otentik pada SD Negeri di Kabupaten Dompu, (3) mengetahui kualitas pelaporan dan pemanfaatan hasil penilaian otentik pada SD Negeri di Kabupaten Dompu. Jenis penelitian ini adalah penelitian model evaluasi kesenjangan (discrepancy model). Populasi penelitian ini adalah SD Negeri di Kabupaten Dompu. Sampel sekolah yang menjadi sumber informasi dalam penelitian ini dipilih dengan cara stratified sampling, adapun pengambilan sampel guru dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Angket digunakan untuk mengumpulkan data terkait implementasi penilaian otentik, sedangkan teknik wawancara digunakan sebagai informasi pendukung atau untuk cross check informasi yang diperoleh dari kuesioner. Validitas instrumen diperoleh dengan expert judgment dan reliabilitasnya diketahui dengan menghitung koefisien α. Data kunatitatif dianalisis dengan statistik deskriptif dan data kualitatif dianalisis dengan model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil evaluasi implementasi penilaian otentik pada SD Negeri di Kabupaten Dompu menunjukkan bahwa: (1) kualitas perencanaan penilaian pada SD Negeri di Kabupaten Dompu dalam implementasi penilaian otentik termasuk kategori baik, hal ini terlihat dari rata-rata skornya yaitu sebesar 60,17 dan kualitas dua dari empat indikatornya (menentukan tugas otentik dan menyususun rubrik penilaian) termasuk kategori baik, (2) kualitas pelaksanaan penilaian pada SD Negeri di Kabupaten Dompu dalam implementasi penilaian otentik termasuk kategori kurang baik, hal ini terlihat dari rata-rata skornya yaitu sebesar 66,97 dan kualitas dua dari tiga indikatornya (penilaian kompetnsi afektif dan penilaian kompetensi psikomotor) termasuk kategori kurang baik, (3) Pelaporan dan pemanfaatan hasil penilaian pada SD Negeri di Kabupaten Dompu dalam implementasi penilaian otentik termasuk kategori kurang baik, hal tersebut terlihat dari rata-rata skornya yaitu sebesar 44,83 dan kualitas dua dari tiga indikatornya (pengolahan hasil penilaian dan pelaporan hasil penilaian) termasuk kategori kurang baik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, penilaian otentik, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:35
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53374

Actions (login required)

View Item View Item