Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar

Zainuddin, Almuntaqo (2017) Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-almuntaqo-zainuddin-11712251022.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter pada buku ajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar dan kesesuaian nilai-nilai tersebut dengan rumusan nilai utama dan indikator nilai yang dirumuskan Pusat Kurikulum (Puskur) Kementerian Pendidikan Nasional RI tahun 2010. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah analisis konten. Data dikumpulkan melalui pembacaan dan pencatatan yang cermat terhadap buku ajar Pendidikan Agama Islam untuk kelas I sampai dengan kelas VI Sekolah Dasar yang diterbitkan Tiga Serangkai tahun 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pemaparan nilai-nilai karakter dalam buku ajar tersebut bersifat eksplisit dan berkesesuaian dengan nilai karakter yang dirumuskan Puskur Kemendiknas tahun 2010. Namun dalam penyajiannya terdapat ketidaksesuaian atau bias bila dibandingkan dengan rumusan nilai karakter Kemendiknas. Bias penulisan tersebut dalam bentuk: Pertama, Ketidaksesuaian nilai yang digunakan dalam buku teks dengan rumusan nilai karakter Kemendiknas. Kedua, ketidaksesuaian materi nilai karakter dengan indikator nilai karakter dari Kemendiknas, dan ketiga, ketidaktepatan dalam menentukan nilai karakter yang dijelaskan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai karakter, buku teks, pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:37
Last Modified: 09 May 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53332

Actions (login required)

View Item View Item