Perbandingan Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Menggunakan Media Koin Bilangan dan Garis Bilangan Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Matematika Siswa Kelas V SD di Gugus II Sleman.

Rosyidah, Awal Nur Kholifatur (2017) Perbandingan Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Menggunakan Media Koin Bilangan dan Garis Bilangan Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Matematika Siswa Kelas V SD di Gugus II Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-awal-nur-kholifatur-rosyidah-14712251021.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajar-an menggunakan media koin bilangan dengan pendekatan PMRI; 2) keefektifan pembelajaran menggunakan media garis bilangan dengan pendekatan PMRI; 3) manakah yang lebih efektif antara kedua media pembelajaran ditinjau dari prestasi belajar dan sikap tanggung jawab terhadap matematika siswa kelas V SD di gugus II Sleman. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di gugus II Sleman. Sampel penelitian ini ditentukan secara acak, yaitu siswa kelas V SDN Caturharjo diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media koin bilangan dengan pendekatan PMRI, sedangkan siswa kelas VB SDN Keceme 1 diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media garis bilangan dengan pendekatan PMRI. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes dengan instrumen penelitian tes prestasi belajar bilangan bulat dan instrumen non tes berupa angket sikap tanggung jawab terhadap matematika. Pengujian keefektifan pembelajaran media koin bilangan dan garis bilangan dengan pendekatan PMRI menggunakan uji T^2 Hotteling^' s satu populasi dan one sample t-test. Selanjutnya, untuk membandingkan keefektifan pembelajaran menggunakan media koin bilangan dan garis bilangan dengan pendekatan PMRI, data dianalisis secara multivariat menggunakan uji T^2Hotelling’s dan dianalisis lanjut menggunakan uji independent sample t-test dengan kriteria Bonferroni. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran menggunakan media koin bilangan dengan pendekatan PMRI efektif ditinjau dari prestasi belajar dan sikap tanggung jawab terhadap matematika; 2) pembelajaran menggunakan media garis bilangan dengan pendekatan PMRI efektif ditinjau dari prestasi belajar dan sikap tanggung jawab terhadap matematika; 3) pembelajaran matematika menggunakan media koin bilangan dengan pendekatan PMRI lebih efektif dibandingkan media garis bilangan dengan pendekatan PMRI ditinjau dari prestasi belajar matematika. Namun, pembelajaran matematika menggunakan media koin bilangan dan garis bilangan dengan pendekatan PMRI sama efektifnya ditinjau dari sikap tanggung jawab terhadap matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: koin bilangan, garis bilangan, PMRI, prestasi belajar, sikap tanggung jawab terhadap matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:58
Last Modified: 09 May 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53322

Actions (login required)

View Item View Item