Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Budaya Rejang Melalui Lagu Daerah Rejang dan Implementasi di SMA Negeri 4 Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu

Batubara, Abi Karoma (2017) Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Budaya Rejang Melalui Lagu Daerah Rejang dan Implementasi di SMA Negeri 4 Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abi-karoma-batubara-15724251025.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui makna yang terdapat dalam syair lagu-lagu daerah Rejang, (2) mengetahui nilai-nilai budaya terdapat dalam lagu-lagu daerah Rejang, (3) mengetahui proses implementasi nilai-nilai budaya yang terdapat dalam lagu-lagu daerah Rejang di SMA Negeri 4 Curup Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang terdiri dari dua tahapan. Pertama, tahapan konseptual dengan menggunakan paradigma naratif. Kedua, tahapan empiris dengan menggunakan paradigma fenomenologi. Penelitian dilakukan di lingkungan masyarakat Rejang Lebong dan di SMA Negeri 4 Curup. Subjek dalam penelitian ini adalah penulis lagu Rejang dan peserta didik di SMA. Objek dalam penelitian ini adalah lagu-lagu Rejang dan situasi alamiah peserta didik di SMA Negeri 4 Curup. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi di masyarakat Rejang Lebong dan tindakan serta sikap peserta didik di SMA Negeri 4 Curup selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen lagu-lagu Rejang, CD (compact disk) lagu-lagu Rejang, dan buku adat budaya Rejang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Flow Model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu Senie Ne Sadie Ku dan Inok sangat erat kaitannya dengan budaya Rejang. Kedua lagu tersebut mengandung makna tentang rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, menyayangi orang tua, tentang kepribadian dan etika berbicara yang baik, keikhlasan dalam menghadapi masalah dalam hidup, dan saling tolong menolong antar sesama. Nilai-nilai budaya yang terdapat dalam lagu Senie Ne Sadie Ku dan Inok yaitu: nilai religi, nilai keindahan, nilai tanggung jawab, nilai kerja sama, nilai kepribadian, nilai kerinduan, nilai kasih sayang, dan nilai sopan santun. Nilai-nilai tersebut diimplementasikan di SMA Negeri 4 Curup yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: pengenalan lagu secara unisono, penerapan strategi pembelajaran kooperatif, penerapan teknik klarifikasi nilai, dan penerapan model pembelajaran progresif. Hasil implementasi pembelajaran lagu-lagu Rejang menunjukkan bahwa peserta didik mencerminkan sikap cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta akan budaya, dan rasa sayang kepada orang tua serta menumbuhkan kesadaran diri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan moral, seni musik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2017 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 12:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53308

Actions (login required)

View Item View Item