PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI MASALAH OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Dewi, Praneswari Kususma and Marsigit, Marsigit (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI MASALAH OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). S1 thesis, UNY.

[img] Text
1. Halaman Awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
8. Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar kegiatan Siswa (LKS) pada materi bangun datar segiempat dengan pendekatan saintifik berorientasi masalah open-ended. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2) aspek kepraktisan, dan 3) aspek keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Yogyakarta sebanyak 34 siswa yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan; 2) angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan; dan 3) tes kemampuan berpikir kreatif untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata RPP yaitu 1 dari skor maksimal 1 menggunakan skala Guttman, dan 3,76 dari skor maksimal 5,00 menggunakan skala Likert. Sementara LKS memperoleh skor rata-rata 3,76 dari skor maksimal 5,00; (2) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis untuk LKS yang memperoleh skor rata-rata 3,8 dari skor maksimal 5,00, dan tidak praktis untuk RPP dengan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 78,82 %; (3) perangkat pembelajaran tidak efektif berdasarkan hasil posttest kemampuan berpikir kreatif yaitu 56,45 dengan kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Masalah Open-Ended, Berpikir Kreatif, Bangun Datar Segiempat
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 15:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53096

Actions (login required)

View Item View Item