Struktur Komunitas Collembola di Lingkungan Rhizosfer Chromolaena odorata Pada Lahan Vulkanik, Pantai Berpasir, dan Karst

Cahyani, Kurnia (2017) Struktur Komunitas Collembola di Lingkungan Rhizosfer Chromolaena odorata Pada Lahan Vulkanik, Pantai Berpasir, dan Karst. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas Collembola di lingkungan rhizosfer Chromolaena odorata pada lahan vulkanik, pantai berpasir dan karst dengan melihat jenis, keanekaragaman, kemerataan dan kelimpahan relatif pada masing-masing lahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan objek penelitian Collembola pada lingkungan rhizosfer Chromolaena odorata dengan metode penelitian observasi. Sampel Collembola diambil dengan metode pencuplikan contoh tanah/PCT (soil sampling). Pemisahan Collembola dari tanah dilakukan menggunakan corong Berlese yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Collembola yang ditemukan di lingkungan rhizosfer Chromolaena odorata pada lahan vulkanik, pantai berpasir, dan karst terdiri dari 3 ordo, 6 famili, dan 14 genus, di antaranya Xenylla, Anura, Pseudachorutes, Gnatholonche, Blasconura, Isotomiella, Acrocyrtus, Lepidocyrtus, Pseudosinella, Entomobrya, Callyntrura, Salina, Cyphoderopsis, dan Sphyrotheca. Nilai indeks keanekaragaman tertinggi terdapat pada lahan pantai berpasir. Nilai keanekaragaman terendah terdapat pada lahan karst. Indeks kemerataan berbanding lurus dengan indeks keanekaragaman. Pada lahan pantai berpasir dan vulkanik, Salina memiliki nilai kelimpahan relatif tertinggi, sementara pada lahan karst, yang memiliki nilai kelimpahan relatif tertinggi adalah Lepidocyrtus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Collembola, Chromolaena odorata, Rhizosfer
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52888

Actions (login required)

View Item View Item