Efektivitas Penggunaan Metode Bermain Peran pada Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Gugus Wiradadaha VI Kota Tasikmalaya.

Erfin, Erfin (2017) Efektivitas Penggunaan Metode Bermain Peran pada Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Gugus Wiradadaha VI Kota Tasikmalaya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erfin-15712259036.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas metode bermain peran pada keterampilan sosial siswa, 2) efektivitas metode bermain peran pada kemampuan berpikir kritis siswa, dan 3) efektivitas metode bermain peran pada keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS Kelas IV segugus Wiradadaha VI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperiment) dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV di gugus Wiradadaha VI Kota Tasikmalaya dengan jumlah 8 kelas. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling dan terpilih 3 kelas, yaitu kelas IVA dan IV B SDN Nyantong sebagai kelas eksperimen yang menerapkan metode bermain peran dan Siswa Kelas IV A SDN 1 Cikalang sebagai kelas kontrol dengan menerapkan metode ceramah. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini yaitu skala keterampilan sosial dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) metode bermain peran lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah pada keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Wiradadaha VI Kota Tasikmalaya, 2) metode bermain peran lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Wiradadaha VI Kota Tasikmalaya, dan 3) metode bermain peran lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah pada keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Wiradadaha VI Kota Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, keterampilan sosial, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:00
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52730

Actions (login required)

View Item View Item