Pengembangan Buku Dongeng Berbasis Sainsmatika dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Rasa Ingin Tahu pada Siswa Kelas IV SD.

Herianingtyas, Nur Luthfi Rizqa (2017) Pengembangan Buku Dongeng Berbasis Sainsmatika dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Rasa Ingin Tahu pada Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-luthfi-rizqa-herianingtyas-15712251051.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku dongeng berbasis sainsmatika yang layak dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan karakter rasa ingin tahu, (2) mengetahui keefektifan buku dongeng berbasis sainsmatika dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan karakter rasa ingin tahu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2003) yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji coba awal, (5) revisi produk I, (6) uji coba lapangan diperluas, (7) revisi produk II, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Lempuyangan I. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (need analysis), tes, observasi, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa serta respon guru dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa buku dongeng berbasis sainsmatika yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan hasil uji coba di sekolah. Kelayakan dari aspek media memperoleh skor 106 dengan kategori “sangat baik”, aspek materi memperoleh skor 224 dengan kategori “sangat baik”, aspek bahasa memperoleh skor 71 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan respon guru memperoleh skor 156 dengan kategori “sangat baik”, berdasarkan respon siswa memperoleh skor 89,40 dengan kategori “sangat baik”. Buku dongeng yang dikembangkan efektif dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan karakter rasa ingin tahu siswa. Berdasarkan hasil uji coba lapangan operasional menunjukan taraf signifikansi 0,000 <0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan karakter rasa ingin tahu siswa kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Danurejan antara yang mengikuti pembelajaran menggunakan buku dongeng berbasis sainsmatika dengan yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan buku dongeng berbasis sainsmatika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku dongeng, sainsmatika, kemampuan berpikir kritis, karakter rasa ingin tahu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2017 03:44
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52721

Actions (login required)

View Item View Item