EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUKATEJA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Marlufi, Rizqi Nefi and Mahmudi, Ali (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUKATEJA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
0. HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning pada materi lingkaran kelas VIII SMP ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bukateja tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari tujuh kelas. Dari tujuh kelas tersebut dipilih secara acak dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan pembelajaran berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen nontes yang berupa angket motivasi belajar siswa baik sebelum dan setelah perlakuan, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh peneliti. Hasil penelitian ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa. 2) pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa. 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan guided discovery learning efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa. 4) pembelajaran matematika dengan pendekatan guided discovery learning efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa. 5) pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning lebih efektif dari pembelajaran matematika dengan pendekatan guided discovery learning ditinjau dari motivasi belajar siswa. 6) pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning lebih efektif dari pembelajaran matematika dengan pendekatan guided discovery learning ditinjau dari prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: software GeoGebra, pendekatan guided discovery learning, motivasi, prestasi.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:16
Last Modified: 30 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52517

Actions (login required)

View Item View Item