Nurlatifah, Ana and Sugiman, Sugiman (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. S1 thesis, UNY.
Text
BAB-0.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
||
|
Text
BAB-1.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB-2.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB-3.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
BAB-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
Text
BAB-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
Text
JUDUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
Text
JURNAL_SKRIPSI_ANA NURLATIFAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
LKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI_ANA NURLATIFAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari kemampuan penalaran siswa SMP Muhammadiyah 1 Sleman, (2) mengetahui apakah pendekatan Konvesional dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari kemampuan penalaran siswa SMP Muhammadiyah 1 Sleman, (3) mengetahui apakah pendekatan Matematika Realistik dibanding pendekatan Konvensional dalam pembelajaran matematika lebih efektif ditinjau dari kemampuan penalaran siswa SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 sleman yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diperoleh secara acak/random, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan penalaran matematis siswa berupa pretest dan posttest berbentuk uraian. Validasi instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli (expert judgement) dengan hasil layak dengan revisi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t dengan = 5%. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test untuk menguji perbandingan efektivitas pembelajaran yang diterapkan pada kedua kelas dan one-sample t-test untuk menguji efektivitas pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 26,43 dan 89,63 serta rata-rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 26 dan 84,74. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) pendekatan matematika realistik efektif ditinjau dari kemampuan penalaran siswa (2) pendekatan konvensional efektif ditinjau dari kemampuan penalaran siswa, dan (3) pendekatan matematika realistik lebih efektif daripada pendekatan konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan penalaran siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Kata Kunci: Pendekatan Konvensional, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Penalaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 02:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52414 |
Actions (login required)
View Item |