Ainani, Arina Fauzia and Sugiman, Sugiman and Saptaningtyas, Fitriana Yuli (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP PAD SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.
Text
01 HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
02 BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
03 BAB II.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
04 BAB III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ditinjau dari pencapaian peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui apakah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran langsung ditinjau dari pencapaian peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman yang berjumlah 125 siswa. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pembelajaran pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Untuk mengetahui efektivitas pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, data dianalisis menggunakan statistik uji One Sample t-Test dengan taraf signifikansi pada data skor gain, sedangkan untuk mengetahui apakah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung, data skor gain dianalisis menggunakan statistik uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik efektif ditinjau dari pencapaian peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman; 2) pembelajaran matematika melalui pembelajaran langsung efektif ditinjau dari pencapaian peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman; 3) pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika melalui pembelajaran langsung. Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik, pemahaman konsep, pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 04:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51327 |
Actions (login required)
View Item |