PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA PADA SISWA KELAS VII

Putri Aliston, Astriedianova (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA PADA SISWA KELAS VII. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan pendekatan Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) terhadap pemahaman konsep materi IPA pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan design Non Equivalence Pretest-Posttest Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dengan menentukan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Peneliti menggunakan dua kelas, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pretest dan soal posttest untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep IPA awal dan akhir siswa. Instrumen non-tes yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran saat pengambilan data penelitian. Teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk satu sampel dan uji homogenitas menggunakan uji one way ANOVA. Pengujian hipotesis melalui uji t untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dan uji effect size menggunakan uji univariate. Data yang digunakan adalah gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Somatic Auditory Visual Intellectual berpengaruh positif dilihat dari hasil gain score kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding gain score pada kelas kontrol (0,43>0,24) dan efeknya sedang terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII diketahui dari hasil uji effect size menggunakan uji univariate pada SPSS dengan hasil 38,6%. Kata kunci: Pendekatan SAVI, pemahaman konsep, kelas VII This research aims to analyze the effect of the use of Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) approach to understanding the concept of science materials in 7th grade students. This research is a quasi experiment research with Non Equivalence Pretest-Posttest Group Design design. The sampling technique used is purposive sampling that is by determining the sample based on certain considerations. The researcher used two classes, VII A as experimental class and VII D as control class consisting of 34 students. Data collection techniques in this study using test and non-test instruments. The test instrument used is a matter of pretest and posttest problem to know the level of understanding of science concept of beginning and end of student. Non-test instrument used in the form of observation sheet implementation of learning to know the implementation of learning when taking research data. Data analysis techniques consist of prerequisite test and hypothesis test. The prerequisite test consists of the normality test using the Kolmogorov-Smirnov test for one sample and homogeneity test using the one-way ANOVA test. Hypothesis testing through t test to know the difference of understanding of science concept in experiment class and control class and effect size test using univariate test. The data used is the gain score between the experimental class and the control class. The result of this research concludes that the use of Somatic Auditory Visual Intellectual approach has positive effect on the result of gain of experiment class score higher than gain score in the control class (0.43> 0.24) and the effect is on the students' Effect size test using univariate test on SPSS with result 38,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SAVI approach, conceptual understanding, 7TH grade
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51286

Actions (login required)

View Item View Item