LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Eryan Dwi Susanti, Eryan Dwi Susanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ERYAN DWI SUSANTI_Pendidikan Ekonomi_13804241011.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa calon pendidik untuk menerapkan teknikteknik mengajar di sekolah. Mata kuliah prasyarat yang harus dipenuhi adalah lulus micro teaching sebagai latihan mengajar dalam tim kecil. Praktikan melaksanakan PPL Semester Khusus tahun 2016 di SMA Negeri 2 Yogyakarta terhitung sejak 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegitan yang telah dilaksanakan adalah persiapan PPL (pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi), pelaksanaan PPL (praktik mengajar dan praktik non mengajar), dan evaluasi PPL berupa laporan praktik PPL. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 37 kali pertemuan di kelas X PMIIA 1, X PMIIA 2, dan X PMIIA 3. Sedangkan praktik tidak mengajar terdiri dari upacara rutin, ikut serta kegiatan sekolah, piket tata usaha, piket perpustakaan, piket tamu, dan pendampingan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja. Kegiatan mengajar dalam PPL terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil mengajar. Persiapan mengajar dilakukan dengan membuat matriks mengajar, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyusun materi ajar, dan membuat media pembelajaran. Pelaksanaan mengajar dilakukan di kelas dan luar kelas dengan berbagai metode yang telah direncanakan dalam RPP. Evaluasi mengajar dengan menilai hasil belajar, menganalisis butir soal, dan merefleksikan diri dalam mengajar. Program PPL secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik dan telah melampaui target selama 256 jam. Hambatan yang dihadapi merupakan hambatan normal yang bisa diatasi dengan baik seperti: kekurangan tenaga kerja saat piket perpustakaan, sulit mengkondisikan siswa saat pertama kali masuk, dan kurangnya manajemen waktu saat pembelajaran. Solusi atas hambatan tersebut dengan meminta bantuan kepada mahasiswa lain yang tidak piket perpustakaan, mengembalikan wibawa di depan murid dengan bertindak sedikit tegas, dan mengalokasikan waktu dengan baik sebelum pembelajaran dimulai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50033

Actions (login required)

View Item View Item