Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw Terhadap Karakter Kerja Sama, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang

Khalistyawati, Martha (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw Terhadap Karakter Kerja Sama, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-martha-khalistyawati-15712251071.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada Tema 5 Subtema 1 di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang, (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa, dan (3) model pembelajaran kooperatif yang lebih berpengaruh antara tipe STAD dan Jigsaw terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonekuivalen dengan tujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh suatu tindakan terhadap tingkah laku. Penelitian ini dilakukan di SDN pelaksana Kurikulum 2013 di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang yaitu SDN Kedungsari 1, SDN Kedungsari 3, SDN Kedungsari 4, SDN Kramat 4, SDN Wates 1, dan SDN Wates 4. Subjek penelitian berjumlah 196 siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, angket, tes uraian, dan tes isian. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji Levene untuk uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan Hotteling’s Trace MANOVA untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD dan Jigsaw dan independent t-test untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD dan Jigsaw dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada Tema 5 Subtema 1 di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang, (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa dan (3) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa daripada penggunaan STAD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, STAD, Jigsaw, kerja sama, berpikir kritis, kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:26
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49836

Actions (login required)

View Item View Item