Faktor Determinasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur

Zohrani, Zohrani (2009) Faktor Determinasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zohrani-06712251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh antara faktor determinasi guru yaitu proses pembelajaran, manajemen kelas, penggunaan metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, expostfacto. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Populasi penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar negeri yang ada di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Pengumpulan data proses pembelajaran, manajemen kelas, penggunaan metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran dilakukan dengan metode kuesioner dengan model skala Likert. Data kompetensi hasil belajar dikumpulkan dengan dengan menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, korelasi parsial, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran, manajemen kelas, penggunaan metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran berada dalam kategori cukup/sedang, sementara hasil belajar siswa juga berada dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis regresi, tiga hipotesis yang diajukan semuanya diterima dan didukung oleh data empirik. Pertama, ada pengaruh positif dan signifikan proses pembelajaran (X1) terhadap hasil belajar siswa(Y) dengan koefisien korelasi r = 0,248. Kedua, ada pengaruh positif dan signifikan manajemen kelas (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan koefisien korelasi r = 0,487. Ketiga, ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan metode pembelajaran (X3) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan koefisien korelasi r = 0,263. Keempat ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran (X4) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan koefisien korelasi r = 0,328. Kelima, ada pengaruh positif dan signifikan proses pembelajaran (X1), manajemen kelas (X2), penggunaan metode pembelajaran (X3), penggunaan media pembelajaran (X4) terhadap hasil belajar siswa (Y), dengan koefisien korelasi r = 0,813. Dari hasil penelitian ini diberikan rekomendasi bahwa perlu adanya peningkatan keterampilan mengajar guru dan penggalakan penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi yang bisa didapat dari lingkungan sekolah maupun luar sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru - profesionalisme
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2017 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49409

Actions (login required)

View Item View Item