Efektivitas Metode Inkuiri untuk Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS

Hashona, Umar (2009) Efektivitas Metode Inkuiri untuk Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-umar-hashona-07712259012.swf

Download (850kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui mengenai efektivitas penggunaan metode inkuiri terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. (2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode inkuiri terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan berbentuk pretest-posttes control group design. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lima A Madrasah Ibtidaiyyah Roudlotush Sholihin, Jemur kecamatan Pejagoan kabupaten Kebumen yang berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (thitung sebesar 3.645 dengan p = 0.001), perolehan p < 0.05 menunjukkan rerata keduanya berbeda signifikan; (2) ada perbedaan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (t-hitung sebesar 7.563 dengan p = 0.000), perolehan p < 0.05 menunjukkan rerata keduanya berbeda signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2017 03:22
Last Modified: 29 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406

Actions (login required)

View Item View Item