LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

LIBA S TAKWATI, LIBA S TAKWATI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13104244009_Liba S Takwati_Bimbingan dan Konseling_FIP.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13104244009_Liba S Takwati_Bimbingan dan Konseling_FIP.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 1 Yogyakarta mulai tanggal 18 Juli-15 September 2016. PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan dilaksanakan di SMK N 1 Yogyakarta praktikan akan melakukan program kerja Bimbingan dan Konseling. Dalam Praktik Bimbingan dan Konseling, praktikan akan melaksanakan beberapa program kerja yaitu layanan dasar berupa bimbingan klasikal yang meliputi empat bidang bimbingan yaitu pribadi, sosial, belajar dan karir, lalu layanan orientasi berupa pengenalan kepada peserta didik mengenai dunia kerja dan perkuliahan, layanan informasi yang akan diberikan berupa modul dan video motivasi, bimbingan kelompok untuk memberikan informasi terhadap beberapa peserta didik tertentu yang memiliki masalah sama satu dengan yang lain. Praktikan juga berencana untuk memberikan layanan responsif berupa konseling individual, konseling kelompok dan home visit. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 1 Yogyakarta, praktikan melaksanakan layanan dasar berupa bimbingan klasikal dengan dua belas materi yang berbeda di dalam bidang pribadi, sosial belajar dan karir. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama pelaksanaan PPL ini meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal meliputi bimbingan sosial, pribadi, belajar dan karir. Layanan informasi berupa modul dan video motivasi juga berhasil dilaksanakan dan diberikan kepada pihak sekolah. Layanan responsif berupa konseling individual dilaksanakan sebanyak sembilan kali, konseling kelompok sebanyak satu kali dan home visit terhadap peserta didik dilaksanakan satu kali. Namun, ada beberapa perencanaan program kerja BK yang tidak dapat terlaksana seperti bimbingan kelompok, dan layanan perencanaan individual yang terkendala oleh waktu. Dari pemberian bimbingan klasikal tersebut, praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerjasama dengan seluruh guru maupun karyawan yang ada di SMK N 1 Yogyakarta. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor sekolah yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMK N 1 Yogyakarta, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2017 05:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49388

Actions (login required)

View Item View Item