Pengembangan Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Scientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN 1 Gatak Klaten

Krisnawati, Ristiya (2017) Pengembangan Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Scientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN 1 Gatak Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ristiya-krisnawati-14712251053.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan buku ajar tematik integratif berbasis Scientific subtema Komponen Ekosistem yang layak, dan (2) mengetahui keefektifan buku ajar tematik integratif berbasis scientific subtema Komponen Ekosistem. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah penelitiannya meliputi:(1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; (10) diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan buku ajar yang dikembangkan layak dan efektif. Kelayakan tersebut dilihat dari aspek materi 172 nilai A kategori “sangat baik”, aspek media 93 dengan A kategori “sangat baik”, respon guru skor 67 nilai A kategori “sangat baik”, respon siswa skor 9,67 nilai A kategori “sangat baik”. Keefektifan tersebut diperoleh dari observasi/pengamatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 dan 2 yaitu pada kelas V A memperoleh skor 17,44 kriteria “sangat baik” dan kelas V B memperoleh skor 18,00 kriteria “sangat baik”. Data karakter tanggung jawab siswa kelas V A dan kelas V B diperoleh dari observasi yaitu masing-masing memperoleh skor 18,45 kategori “sangat baik”. Perbandingan 1 kemampuan berpikir kritis siswa nilai t hitung = -13,864 lebih besar dari t tabel= -1,734 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000, sedangkan pada perbandingan 2 nilai t hitung = -17,920 lebih besar dari t tabel = -1,734 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Perbandingan 1 tanggung jawab siswa nilai t hitung = -10,614 lebih besar dari t tabel= -1,734 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000, sedangkan pada perbandingan 2 nilai t hitung = -12,565 lebih besar dari t tabel = -1,734 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Penggunaan buku ajar pada elompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 memiliki perubahan signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, tematik integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2017 08:06
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48503

Actions (login required)

View Item View Item