Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Game Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas V se-Kota Yogyakarta

Davidi, Elisabeth Irma Novianti (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Game Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas V se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-elisabeth-irma-novianti-davidi-14712251049.swf

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Monopoly Game berbasis Problem Based-Learning yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas V se-kota Yogyakarta, dan menguji efektifitas media pembelajaran tersebut. Penelitian mengacu pada desain R&D model Borg and Gall (1987), yaitu: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal untuk menyusun produk utama, (6) uji coba utama, (7) revisi produk utama untuk menyusun produk operasional, (8) uji lapangan operasional, dan (9) revisi produk akhir. Subjek uji pelaksanaan lapangan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk media pembelajaran, lembar observasi check list guru, lembar observasi check list siswa, tes keterampilan berpikir kritis, lembar observasi keterampilan berpikir kritis, tes prestasi siswa (aspek pengetahuan), lembar observasi aspek sikap, lembar observasi penilaian kinerja serta angket respon guru dan siswa. Analisis data menggunkan independent sample t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran Monopoly Game berbasis PBLyang layak digunakan dalam pembelajaran. Menurut ahli pembelajaran dan ahli media, produk media monopoly game berbasis PBLterkategori “baik”. (2) Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa (pengetahuan, sikap dan psikomotor) pada kelas eksperimen. Peningkatan pada variable berpikir kritis dan aspek pengetahuan pada variabel prestasi belajar, ditunjukkan dengan nilai post tes. Sedangkan peningkatan untuk aspek sikap dan psikomotor pada variabel prestasi belajar, ditunjukkan dengan nilai observasi sesudah adanya perlakuan. Keseluruhan uji dan hasil penelitian menunjukkan bahwa media Monopoly Game berbasis PBL berpengaruh secara positif dan signifikanterhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa, dengan p < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, monopoly game, problem-based learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 05:02
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48467

Actions (login required)

View Item View Item