PERSEPSI SISWA KELAS XII TAHUN AJARAN 2015/2016 TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

Hascit Dikalutfi, Anungboyo (2017) PERSEPSI SISWA KELAS XII TAHUN AJARAN 2015/2016 TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
pdf sekripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum adanya penggunaan media pembelajaran khususnya media gambar dalam pembelajaran sepakbola kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016 Terhadap Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola Di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survey, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang berjumlah 253 siswa dari 9 kelas yang kemudian diambil sampel 113 siswa dengan metode sampel aksidental . Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan uji validitas menggunakan rumus korelasi moment takar dan person dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown/formula S-B dan cronbach alpha. Dari hasil uji validitas terdapat butir yang gugur sebanyak 6 butir dan butir valid sebanyak 24 butir, kemudian koefisien reliabilitas sebesar 0,865, dan untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menujukan bahwa Persepsi Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016 Terhadap Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola Di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten, secara keseluruhan pada kategori baik sekali sebesar 6,20% (7 anak), pada kategori baik sebesar 34,51% (39 anak), pada kategori sedang sebesar 32,74% (37 anak) dan pada kategori kurang sebesar 17,70% (20 anak), dan pada kategori kurang sekali 8,85% (10 anak). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan media gambar untuk menambah pemahaman dalam materi pembelajaran permainan sepakbola dikatakan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, media gambar, proses pembelajaran sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 13:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48313

Actions (login required)

View Item View Item