LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sony Febriawan, Sony Febriawan (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_SONY FEBRIAWAN_13108241158.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang disusun dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pada bidang yang ditekuninya. Program PPL bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu yang selama ini didapat dikampus sekaligus sebagai sarana mahasiswa agar lebih siap terjun ke lapangan setelah lulus nantinya. Program PPL dilaksanakan pada semester khusus 2016. Program PPL dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Sebagai wujud nyata pelaksanaan Program PPL, UNY bekerjasama dengan SD Negeri 1 Sekarsuli yang ditunjuk sebagai salah satu instansi bagi mahasiswa untuk melaksanakan PPL. Jumlah siswa di SD Negeri 1 Sekarsuli ada 107 siswa yang terdiri atas siswa kelas 1 sampai kelas 6. Kelas 1 terdiri atas 14 siswa, kelas 2 terdapat 14 siswa, kelas 3 terdiri atas 10 siswa, kelas 4 terdiri atas 21 siswa, kelas 5 terdiri atas 27 siswa dan kelas 6 terdiri atas 21 siswa. Pihak UNY telah menempatkan 7 mahasiswa PGSD untuk melakukan PPL di SD Negeri 1 Sekarsuli. Metode yang digunakan untuk menulis laporan ini antara lain melalui observasi, pengajaran mikro dan PPL. Observasi dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran di SD selama 1 hari. Data yang telah diperoleh kemudian dipergunakan oleh mahasiswa sebagai bekal dalam melakukan pembelajaran mikro di Kampus FIP UNY dengan bimbingan dosen. Metode yang digunakan selanjutnya yakni Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SD Negeri 1 Sekarsuli mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Program PPL terdiri dari Program Mengajar dan Program Non Mengajar. Program Mengajar merupakan program utama mahasiswa praktikan. Program ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program ini dilakukan selama 10 kali mengajar yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing yang dilaksanakan di kelas IV, VI, dan I, 4 kali mengajar mandiri yang dilaksanakan di kelas IV, III, dan VI, dan 2 kali mengajar ujian yang dilaksanakan di kelas IV dan kelas III. Adapun praktik mengajar yang dilakukan mahasiswa praktikan yakni pada kelas rendah dan pada kelas tinggi dengan mata pelajaran eksakta dan non eksakta yang secara seimbang. Mahasiswa mendapat bimbingan dari guru pembimbing, yaitu Bu Fitri Maryatun guru kelas IV. Sedangkan Program Non Mengajar merupakan program kerja yang bersifat penunjang pelaksanaan PPL. Mahasiswa praktikan telah menempuh jam kerja sebanyak 313,5 jam dan telah memenuhi jam minimal. Secara keseluruhan program PPL di SD Negeri 1 Sekarsuli berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun terdapat beberapa permasalahan dan kendala saat di lapangan, dengan adanya kerjasama yang kuat antar mahasiswa PPL dapat mengatasi permasalahan yang ada. Selain itu, bimbingan dan arahan dari guru dan dukungan dari sekolah terutama para siswa tentu sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di SD Negeri 1 Sekarsuli.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, dan SD Negeri 1 Sekarsuli
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 04:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47890

Actions (login required)

View Item View Item