Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Se Gugus 3 Piyungan, Bantul.

Utami, Oktavia Setya (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Se Gugus 3 Piyungan, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-oktavia-setya-utami-14712251030.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran ekspositori terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis, (2) prestasi belajar IPS (3) besarnya perbedaan pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran ekspositori siswa Kelas IV SD se-gugus 3 Piyungan Bantul. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Desain dengan dua kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan satu kelompok kontrol menggunakan model ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD se-gugus 3 Piyungan Bantul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas IVB SD Ngablak sebagai kelas ekeperimen II, serta siswa kelas IV SD Banyakan sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPS siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Reliabilitas instrument dinyatakan baik dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,7. Teknik analisis data menggunakan uji Paired sample t-test dan Independent sample t-test dengan bantuan SPPS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, serta (2) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan (3) besarnya perbedaan pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPS dengan nilai gain skore sebesar 6,242 pada kelas eksperimen I dan 6,144 pada eksperimen II, serta prestasi belajar IPS dengan nilai gain skore sebesar 8,948 pada kelas eksperimen I dan 10,283 pada kelas eksperimen II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:44
Last Modified: 09 May 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47621

Actions (login required)

View Item View Item