PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK UNTUK MEMOTRET HOTS MAHASISWA SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DI JURDIK FISIKA FMIPA UNY

Edi, Istiyono and Suyoso, Suyoso (2016) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK UNTUK MEMOTRET HOTS MAHASISWA SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DI JURDIK FISIKA FMIPA UNY. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan umum atau jangka panjang dan tujuan khusus. Tujuan umum penelitian ini untuk mengadakan perbaikan pembelajaran berkaitan dengan metode pembelajaran fisika. Tujuan khusus penelitian untuk tahun kedua: 1) mengembangkan perangkat pembelajaran fisika Model PhysHOTS-PBL yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tigkat tinggi (HOTS) mahasiswa Jurdik Fisika FMIPA UNY; 2) mendiskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran fisika Model PhysHOTSPBL yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tigkat tinggi (HOTS) mahasiswa Jurdik Fisika FMIPA UNY; 3) menguji kelayakan perangkat pembelajaran fisika Model PhysHOTS-PBL yang dapat meningkatkan HOTS; dan 4) mendiskripsikan HOTS mahasiswa Jurdik Fisika FMIPA UNY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yaitu dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Model pengembangan 4D ini terdiri atas 4 tahap yaitu: (1) Define (pendefinisian); (2) Design (perancangan); (3) Develop (pengembangan); (4) Disseminate (penyebarluasan). Berdasarkan kenaikan kemampuan mahasiswa setiap sub kompetensi dan respon mahasiswa serta dosen maka dapat diperoleh kategori tingkat efektivitas model PhysHOTS-PBL. Responden mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek uji coba dan subjek pengukuran mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Draf perangkat pembelajaran direview oleh ahli materi, ahi pendidikan fisika, ahli penilaian dan evaluasi. Setelah memenuhi kriteria, dilakukan ujicoba instrumen. Pelaksanaan penerapan model PhysHOTS-PBL berdasarkan perangkat yang dikembangkan dan pengukuran dengan instrumen yang dikembangkan. Uji efektivits berdasarkan kenaikan kemampuan mahasiswa setiap sub kompetensi dan respon mahasiswa serta dosen maka dapat diperoleh kategori tingkat efektivitas model PhysHOTS-PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) telah dikembangkan perangkat PhysHOTSPBL berupa: RPP materi Optika Geometri dan Optika Fisis, 8 LKM unttuk masing-masing materi Optika Geometri dan Optika Fisis, dan instrumen penilaian berupa pretest dan posttest; 2) RPP dan LKM yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik, dan instrumen penilaian valid secara teoritis dan fit terhadap PCM serta reliabel berdasarkan reliabilitas interrater. 3) Berdasarkan analisis effect size PhysHOTS-PBL sangat efektif untuk meningkatkan High Order Thingking Skills (HOTS), sedangkan berdasarkan respon mahasiswa bahwa perangkat pembelajaran PhysHOTS-PBL mempermudah penguasaan materi, memiliki dampak yang baik dalam proses pembelajaran, dan memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif; dan 4) HOTS mahasiswa Jurdik Fisika FMIPA UNY dengan level rendah, sangat rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi berturut-turut 14%, 14%, 39%, 25%, dan 8%.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: pengembangan Model PhysHOTS-PBL, kemampuan berpikir tingkat tinggi, Fisika, dan mahasiswa
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:24
Last Modified: 20 Feb 2017 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47193

Actions (login required)

View Item View Item