Pengembangan Model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD

Sukarsih, Sri (2009) Pengembangan Model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-sukasih-07712251005.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran DRTA yang baik untuk siswa SD ditinjau dari aspek pembelajaran dan tampilan, serta mengungkapkan persentase ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan model yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang melibatkan 46 responden, terdiri dari tiga siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 31 siswa untuk uji coba lapangan. Sebelum diujicobakan, produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Aspek penilaian meliputi aspek pembelajaran dan aspek tampilan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas model DRTA untuk membaca siswa SD termasuk dalam katagori baik, dengan rata-rata skor 4,20 dari rentang nilai 1- 5. Aspek pembelajaran menunjukkan rata-rata 4,27 aspek tampilan 4,46. Hasil pretes sebelum menggunakan model yang dikembangkan rata-rata 34,45, dengan demikian ketuntasan belajar sebelum mengunakan model adalah 43,12%. Hasil postes yang dilakukan pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini mempunyai dampak yang baik terhadap ketuntasan belajar siswa. Dari 31 siswa, terdapat 26 siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar minimal, yaitu memperoleh nilai ≥ 65. Dengan demikian, persentase ketuntasan belajar setelah menggunakan model yang dikembangkan adalah 83,87%, termasuk dalam kategori ketuntasan belajar “sangat baik”

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:28
Last Modified: 29 Jan 2019 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item