Pelaksanaan Program Keterampilan pada SMP Kabupaten Bantul Studi Kasus di SMP 4 Bantul

Supratikna, Supratikna (2009) Pelaksanaan Program Keterampilan pada SMP Kabupaten Bantul Studi Kasus di SMP 4 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-supratikna-027225035.swf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan program keterampilan di SMP 4 Bantul, khususnya tentang (1) pengaruh penambahan jam pelajaran program keterampilan terhadap prestasi siswa, (2) faktor-faktor penghambat pelaksanaan program keterampilan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru keterampilan, siswa dan Kepala Sekolah. Penentuan sumber informasi dengan mempertimbangkan orang/person yang paling menguasai informasi dan dibutuhkan dalam penelitian. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dukumentasi selanjutnya dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan jam pelajaran keterampilan 7 jam perminggu di SMP 4 Bantul berpengaruh positif terhadap prestasi non akademik.namun tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik. Siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran keterampilan, karena pelajaran keterampilan dapat mengembangkan kreatifitas dan bakat siswa. Faktorfaktor penghambat dalam pelaksanaan program keterampilan adalah dana dan tempat/ruang untuk kegiatan praktik yang belum memadahi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: program keterampilan, SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2017 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46847

Actions (login required)

View Item View Item