MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA TUNANETRA KELAS 2 SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Nico Pratama, Suharto Putra (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA TUNANETRA KELAS 2 SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NICO PRATAMA S.P_11103241031.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orientasi dan mobiltas melalui metode demonstrasi melawat mandiri pada siswa tunanetra kelas 2 SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini didalamnya terdapat dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari dua orang anak tunanetra kelas II di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dalam melawat mandiri dapat meningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas siswa tunanetra kelas 2 di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas yang terus meningkat dari awal pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Siklus I siswa tunanetra diberikan tindakan mendemonstrasikan yaitu guru mencontohkan terkait teknik melawat mandiri kemudian siswa melakukan yang dicontohkan oleh guru, dan siklus II diberikan tindakan mendemonstrasikan dan reward berupa pujian ketika siswa tunanetra mampu melaksanakan mateeri melawat mandiri yang diajarkan. Hasil pra tindakan melawat mandiri FR memperoleh skor 20 dengan presentase keberhasilan 50%, meningkat 10% pada siklus I memperoleh skor 24 dengan presentase keberhasilan 60%, siklus II mengalami peningkatan 17,5% dengan perolehan skor 31 dengan presentase keberhasilan 77,5%. Hasil pra tindakan melawat mandiri KN memperoleh skor 25 dengan presentase keberhasilan 62,5%, meningkat 12,5% pada siklus I memperoleh skor 30 dengan presentase keberhasilan 75%, siklus II mengalami peningkatan 17,5% dengan perolehan skor 37 dengan presentase keberhasilan 92,5%. Kedua Subjek telah melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:12
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46815

Actions (login required)

View Item View Item