Istiani, Nur Indra and Binatari, Nikenasih (2017) ANALISIS SISTEM ANTREAN DENGAN DISIPLIN PELAYANAN PREEMPTIVE. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text
BAB III PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) |
Abstract
Antrean dengan disiplin pelayanan prioritas memiliki dua aturan yang dapat diikuti, yaitu aturan Preemptive dan aturan Non-Preemptive. Disiplin pelayanan Preemptive menggambarkan situasi dimana pelayan sedang melayani seseorang, kemudian beralih melayani orang yang diprioritaskan meskipun belum selesai melayani orang sebelumnya. Tujuan dari penulisan ini adalah menganalisis model sistem antrean dengan disiplin pelayanan Preemptive dan dilakukan penurunan formula untuk mendapatkan persamaan probabilitas dan persamaan ukuran keefektifan sistem antrean. Persamaan keseimbangan dalam penelitian ini diperoleh dengan mengasumsikan disiplin pelayanan Preemptive memiliki dua prioritas pelayanan. Persamaan PGF diperoleh menggunakan transformasi z terhadap variabel randomnya, kemudian dijumlahkan seluruh kemungkinannya. Selanjutnya nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem diperoleh dari turunan persamaan pgf terhadap , kemudian mensubstitusikan nilai . Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem antrean (M/M/1):(PRD/∞/∞) untuk prioritas pertama sebesar kuadrat per rasio utilitas pelanggan prioritas pertama . Sementara nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem (M/M/1):(PRD/∞/∞) untuk prioritas kedua sebesar rasio utilitas pelanggan prioritas kedua dikali peluang tidak ada kedatangan pelanggan prioritas pertama ditambah peluang tidak ada kedatangan pelanggan prioritas kedua. Nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem antrean (M/M/1):(PRD/∞/∞) untuk prioritas pertama maupun prioritas kedua hasilnya lebih kecil dari nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem antrean (M/M/1):(GD/∞/∞). Kata kunci : antrean, disiplin pelayanan Preemptive
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 01 Feb 2017 02:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46630 |
Actions (login required)
View Item |