PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

Noviana, Dwi Rahayu (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NOVIANA DWI RAHAYU_12103241054.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman, dan 2) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui pendekatan kontekstual pada siswa tunarungu kelas dasar V di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (kolaborasi). Subjek penelitian berjumlah 4 siswa tunarungu kelas V yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) tes, dan 2) observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan proses ditunjukan oleh: 1) peningkatan partisipasi siswa selama proses pembelajaran, 2) peningkatan kerjasama dalam kelompok, dan 3) keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa ditunjukan dari peningkatan nilai rerata pada siklus I sebesar 23,13, yang kondisi awal 53,12 meningkat menjadi 76,25 dan peningkatan nilai rerata pada siklus II sebesar 34,38, yang kondisi awal 53,12 meningkat menjadi 87,50.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46547

Actions (login required)

View Item View Item