PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS X DI SLB NEGERI PURBALINGGA

Rahayu, Dwi Putriani (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS X DI SLB NEGERI PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAHAYU DWI PUTRIANI_12103241075.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran menulis deskripsi, dan 2) meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui metode karyawisata untuk anak tunarungu kelas X di SLB Negeri Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (kolaborasi). Subjek penelitian berjumlah 4 siswa tunarungu yang berjenis kelamin laki-laki kelas X dengan inisial MAN, DWE, TC, dan AP. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan proses dapat dilihat dari: 1) peningkatan partisipasi siswa selama proses pembelajaran, 2) peningkatan proses pembelajaran dilakukan dengan menarik serta menyenangkan dan peserta didik aktif berperan serta selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan kemampuan menulis deskripsi anak tunarungu ditunjukan dari peningkatan nilai rerata pada siklus I sebesar 11,25, yang kondisi awal 58,75 meningkat menjadi 70 dan peningkatan nilai rerata pada siklus II sebesar 13,75, yang kondisi awal 70 meningkat menjadi 83,75.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 13:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46390

Actions (login required)

View Item View Item