ANALISIS EFISIENSI TEKNIS BIDANG PENDIDIKAN DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Handayani, Handayani (2016) ANALISIS EFISIENSI TEKNIS BIDANG PENDIDIKAN DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIFULL_HANDAYANI_11404241039.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi teknis bidang pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada periode 2013-2015 dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan asumsi Variabel Return to Scale (VRS). Pendekatan minimasi input digunakan untuk mengukur efisiensi teknis biaya, sedangkan pendekatan maksimasi output digunakan untuk mengukur efisiensi teknis sistem. Pada pengukuran efisiensi teknis biaya, penelitian ini menggunakan alokasi pendidikan perkapita murid sebagai variabel input serta rasio guru murid, rasio kelas murid, dan angka partisipasi murni sebagai variabel outputnya. Sedangkan pada pengukuran efisiensi teknis sistem, penelitian ini menggunakan rasio guru murid, rasio kelas murid, dan angka partisipasi murni sebagai variabel input, serta nilai hasil ujian nasional sebagai variabel outputnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan selama tiga tahun di provinsi DIY, terjadi inefisiensi teknis biaya maupun sistem pada setiap jenjang pendidikan. Meskipun demikian, Kota Yogyakarta memperoleh skor efisiensi sempurna pada pengukuran efisiensi teknis biaya dan teknis sistem selama tiga tahun untuk semua jenjang pendidikan. Kata kunci : Pendidikan, Data Envelopment Analysis (DEA), Efisiensi Teknis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 12:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46245

Actions (login required)

View Item View Item