Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa untuk Pelajaran IPA Kelas V SD pada Materi Pokok Cahaya dengan Pendekatan Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Menantang, dan Memotivasi (I2M3)

Fitri, Fajar (2010) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa untuk Pelajaran IPA Kelas V SD pada Materi Pokok Cahaya dengan Pendekatan Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Menantang, dan Memotivasi (I2M3). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fajar-fitri-08708251001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pelajaran IPA kelas lima SD pada materi pokok cahaya dengan pendekatan interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi (I2M3). Dengan adanya LKS ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dari aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yaitu mengembangkan LKS mata pelajaran IPA untuk kelas lima SD pada materi cahaya dengan pendekatan I2M3. Model pengembangan LKS yang digunakan adalah 4-D Model yang dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama adalah penetapan dan pendefinisian syarat-syarat pembelajaran. Tahap kedua adalah perancangan produk. Tahap ketiga adalah pengembangan produk, meliputi penyusunan LKS IPA dengan pendekatan I2M3 yang mencakup materi cahaya, kemudian melakukan validasi dan evaluasi produk dengan mengkonsultasikan LKS yang telah disusun pada dosen ahli dan guru IPA SD. Tahap ke empat adalah implementasi atau penggunaan LKS yang telah dikembangkan dengan melakukan uji coba meluas pada siswa kelas lima SD Negeri Bakalan kabupaten Bantul provinsi Yogyakarta. Berdasarkan hasil evaluasi, LKS untuk mata pelajaran IPA kelas lima SD pada materi cahaya yang dikembangkan diketahui telah selaras dengan pendekatan I2M3. Berdasarkan uji coba, dapat diketahui bahwa hasil belajar IPA dari aspek kognitif siswa kelas lima SD yang menggunakan LKS I2M3 lebih tinggi dan signifikan dibandingkan siswa kelas lima SD yang menggunakan LKS konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Siswa, IPA, pendekatan Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Menantang, dan Memotivasi (I2M3)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2017 04:37
Last Modified: 29 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45849

Actions (login required)

View Item View Item