Dampak Sertifikasi terhadap Kinerja Guru-Guru IPA di Sekolah Dasar (SD) Negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah-NTB

Imran, Ali (2010) Dampak Sertifikasi terhadap Kinerja Guru-Guru IPA di Sekolah Dasar (SD) Negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah-NTB. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ali-imran-08708251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya dampak sertifikasi terhadap kinerja guru-guru IPA di SD Negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah – NTB, ditinjau dari aspek pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei yang dilaksanakan di 13 SD negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya. Populasi penelitian ini adalah 24 orang guru yang telah lulus sertifikasi pada tahun 2006 – 2009 dan sampel dipilih sebanyak 13 orang yang dipilih secara proportional stratified random sampling. Data mengenai kinerja guru diperoleh dari isian lembar angket, observasi, dan wawancara kepada 13 kepala sekolah, 13 teman sejawat, dan 54 siswa dari ke-13 SD negeri. Data dari isian angket oleh kepala sekolah, teman sejawat, dan siswa dianalisis dengan teknik analisis kovarian untuk mengetahui ada tidaknya dampak sertifikasi terhadap kinerja guru, sedangkan data observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada dampak sertifikasi terhadap kinerja guru-guru IPA di SD Negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut penilaian kepala sekolah dan teman sejawat dengan diperoleh harga F masing-masing sebesar 45,16 dan 15,45. Selain itu, sertifikasi juga memberikan dampak pada kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran menurut penilaian kepala sekolah, teman sejawat, dan siswa dengan diperoleh harga F masing-masing sebesar 3,13; 3,50; dan 62,56. Walaupun demikian, berdasarkan hasil observasi, kinerja guru dalam pembuatan RPP dan pelaksanaan pembelajaran di kelas masih berkategori rendah dengan perolehan skor rerata sebesar 37,77 dan 75,15.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sertifikasi guru, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2017 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45841

Actions (login required)

View Item View Item