EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN “POWERPOINT” TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP JENIS KELAMIN DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA ANAK AUTIS KELAS VIII SMPLB DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Rakhma, Muslikhah (2016) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN “POWERPOINT” TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP JENIS KELAMIN DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA ANAK AUTIS KELAS VIII SMPLB DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAKHMA MUSLIKHAH_12103244025.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran powerpoint terhadap kemampuan memahami konsep jenis kelamin dalam pembelajaran IPA. Memahami konsep jenis kelaminini meliputi aspek nama anggota tubuh dan fungsinya, menjelaskan perbedaan perubahan fisik pada usia pubertas antara laki-laki dan perempuan serta sentuhan yang dilarang dan diperbolehkan ketika bertemu dengan lawan jenispada anak autis kelas VIII SMPLB di Sekolah khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen.Eksperimen yang digunakan yaitu Single Subject Researh (SSR) dan desain yang digunakan adalah -B- . Subjek penelitian yaitu seorang anak autis kelas VIII SMPLB, berjumlah 1 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, dan observasi.Instrumen penelitian berupa tes kemampuan memahami konsep jenis kelamin dan panduan observasi yang digunakan selama fase intervensi.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran powerpoint efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep jenis kelamin dalam pembelajaran IPA untuk anak autis kelas VIII SMPLB. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase mean level yang diperoleh dari fase baseline-1, intervensi, baseline-2 berturut-turut 68%, 82%, dan 93%. Hal ini berarti terdapat kenaikan sebesar +25% pada kemampuan memahami konsep jenis kelamin antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan media powerpoint. Ditambah dengan data tumpang tindih (overlap) yang persentasenya 0% yang berarti media pembelajaran powerpoint berpengaruh terhadap kemampuan memahami komsep jenis kelamin dalam pembalajaran IPA pada anak autis kelas VIII SMPLB di Sekolah kKhusus Autis Bina Anggita Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45835

Actions (login required)

View Item View Item