Analisis Kompetensi Guru Matematika SMA dan Pengaruhnya Terahadap Prestasi Belajar Siswa di Kota Tarakan

Suciati, Suciati (2010) Analisis Kompetensi Guru Matematika SMA dan Pengaruhnya Terahadap Prestasi Belajar Siswa di Kota Tarakan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suciati-08709251020.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kompetensi guru matematika SMA di Kota Tarakan, (2) pengaruh kompetensi pedagogik guru matematika SMA terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh kompetensi kepribadian guru matematika SMA terhadap prestasi belajar siswa, (4) pengaruh kompetensi sosial guru matematika SMA terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil subjek SMA Negeri dan Swasta di Kota Tarakan yang berjumlah 9 sekolah, dengan 23 orang guru matematika. Data primer berupa kompetensi guru dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara, sedangkan prestasi belajar siswa merupakan data sekunder yang berupa hasil ujian nasional 2009/2010. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik setiap variabel, dan analisis jalur untuk menganalisis hubungan tiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan kompetensi guru matematika SMA di Kota Tarakan tergolong cukup, (2) kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan langsung terhadap prestasi belajar siswa, (3) kompetensi kepribadian berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, (4) kompetensi sosial guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, matematika, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 03:55
Last Modified: 29 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45787

Actions (login required)

View Item View Item