PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) BHAKTI WIYATA KULON PROGO

Sina Dwi, Permatasari (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) BHAKTI WIYATA KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SINA DWI PERMATASARI_11103244051.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu kelas dasar II di SLB Bhakti Wiyata Kulon Progo melalui metode global. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang dilakukan selama 1 bulan.Subjek penelitianadalah 2 siswa tunarungu kelas dasar II.Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif, Kuantitatif yaitu dengan tabel presentase dan grafik.Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu sebesar 70%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dilakukan dalam 2 siklus, yaitu pada siklus I dilakukan tindakan sebanyak 3 kali pertemuan dan 1 kali pertemuan untuk tes pasca tindakan siklus I. Pada siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dan 1 kali pertemuan untuk tes pasca tindakan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu. Dilihat dari hasil tes pra tindakan, tes pasca tindakan siklus I, dan tes pasca tindakan siklus II yang telah mencapai KKM yang ditetapkan.Subjek FM memperoleh nilai 50% pada tes pra tindakan, 72% pada tes pasca tindakan siklus I, dan 86% pada tes pasca tindakan siklus II. Subjek KR memperoleh nilai sebesar 44% pada tes pra tindakan, 62% pada tes pasca tindakan siklus I, dan 78% pada tes pasca tindakan siklus II. Pelaksanaan tindakan dilakukan mulai dari menampilkan kalimat sederhana kemudian menguraikannya menjadi kata dan suku kata yang semuanya diberi gambar penjelas.Kemudian menguraikannya menjadi huruf lepas tanpa diberi gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 03:49
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45785

Actions (login required)

View Item View Item