Suratno, Joko (2010) Pengembangan dan Penggunaan Sumber Belajar Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika SMP. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-joko-suratno-08709251002.swf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Memperoleh sumber belajar interaktif berbasis komputer yang layak untuk pembelajaran matematika di SMP dengan pengembangan. (2) Memperoleh data tentang keefektifan produk hasil pengembangan dan produk yang berasal dari pasaran. (3) Mendeskripsikan motivasi belajar matematika siswa baik sebelum dan setelah belajar menggunakan produk hasil pengembangan dan produk yang berasal dari pasaran. (4) Membandingkan prestasi dan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan produk hasil pengembangan dan siswa yang diajar dengan produk yang berasal dari pasaran. (5) Membandingkan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan produk hasil pengembangan dan siswa yang diajar dengan produk yang berasal dari pasaran. (6) Membandingkan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan produk hasil pengembangan dan siswa yang diajar dengan produk yang berasal dari pasaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan dan data tentang prestasi dan motivasi belajar matematika siswa. Data tentang kualitas produk dan motivasi belajar matematika siswa diperoleh dengan kuesioner, sedangkan data tentang prestasi belajar matematika siswa diperoleh dengan tes. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan statistik non parametrik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat kesimpulan sebagai berikut. (1) Hasil uji coba alpha mengenai kualitas produk menunjukkan bahwa produk memiliki kriteria sangat baik, hasil uji coba beta menunjukkan produk yang dihasilkan memiliki kriteria baik, dan hasil evaluasi sumatif menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan memiliki kriteria baik. (2) Hasil evaluasi sumatif menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa dari kriteria rendah ke kriteria tinggi dan produk yang berasal dari pasaran tidak mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. (3) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa baik sebelum dan setelah belajar menggunakan produk hasil pengembangan dan produk yang berasal dari pasaran. (4) Terdapat perbedaan prestasi dan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan produk hasil pengembangan dan siswa yang diajar dengan produk yang berasal dari pasaran. (5) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan produk hasil pengembangan dan siswa yang diajar dengan produk yang berasal dari pasaran. (6) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan produk hasil pengembangan dan siswa yang diajar dengan produk yang berasal dari pasaran.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sumber belajar interaktif, berbasis komputer, pembelajaran matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 08:58 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45694 |
Actions (login required)
View Item |