PENGHITUNGAN MANFAAT DAN IURAN PESERTA PROGRAM DANA PENSIUN DENGAN METODE PROJECTED UNIT CREDIT DAN INDIVIDUAL LEVEL PREMIUM PADA PT TASPEN (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA

Anita, Yuli and Saptaningtyas, Fitriana Yuli and Tuharto, Tuharto (2016) PENGHITUNGAN MANFAAT DAN IURAN PESERTA PROGRAM DANA PENSIUN DENGAN METODE PROJECTED UNIT CREDIT DAN INDIVIDUAL LEVEL PREMIUM PADA PT TASPEN (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Image
PENGESAHAN.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Image
PERSETUJUAN.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_YULI ANITA_11305141015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seseorang harus menjaga kesinambungan penghasilannya meskipun tidak lagi aktif bekerja. Dana pensiun diharapkan dapat menyelesaikan masalah pemenuhan kebutuhan yang akan terjadi pada hari tua. Tetapi sayangnya, masih banyak orang yang belum memikirkan dana pensiun. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dana pensiun yang meliputi iuran pensiun, kewajiban aktuaria, dan manfaat pensiun dengan metode projected unit credit dan individual level premium. Selain itu, penelitian ini bertujuan membandingkan hasil penghitungan dari metode projected unit credit dan individual level premium dengan penghitungan PT Taspen (Persero) Cabang Yogyakarta. Penghitungan dana pensiun pada penelitian ini menggunakan gaji selama bekerja. Peserta wajib membayar iuran untuk menjalankan program Taspen sebesar 8% dari jumlah seluruh gaji (gaji pokok + tunjangan istri + tunjangan anak) yang kemudian diambil 4,75% untuk manfaat pensiun, kenaikan gaji sebesar 6% per dua tahun masa kerja, dan skala gaji akibat usia masa kerja. Proporsi gaji yang diperoleh menggunakan gaji selama bekerja akan digunakan untuk menghitung besarnya iuran pensiun, kewajiban aktuaria, dan manfaat yang dibagikan kepada peserta setelah memasuki usia pensiun. Besarnya manfaat yang dibagikan secara lump sum (sekaligus) kepada peserta saat memasuki usia pensiun adalah 20% dari selisih kewajiban aktuaria dan iuran pensiun dari masing-masing metode kemudi\an sisanya akan dibagikan setiap bulan. Langkah-langkah penghitungan pembiayaan pensiun yaitu: menghitung nilai akumulasi gaji awal, menghitung proporsi gaji untuk manfaat pensiun, menghitung besar iuran masing-masing metode, menghitung kewajiban aktuaria masing-masing metode, dan menghitung manfaat masing-masing metode. Hasil penghitungan dari manfaat dan iuran pensiun yang paling mendekati dengan penghitungan PT Taspen (Persero) Cabang Yogyakarta yaitu menggunakan metode individual level premium dengan nilai MAPE (Mean Absolute Percentage Error) berturut-turut sebesar 11,43% dan 7,78%. Hasil tersebut didapatkan karena karakteristik yang ada pada metode individual level premium paling mendekati dengan keadaan yang ada pada PT Taspen (Persero) Cabang Yogyakarta. Kata kunci: dana pensiun, projected unit credit, individual level premium.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 12:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45127

Actions (login required)

View Item View Item