PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI MEMAKAI KAOS KAKI DAN SEPATU PADA ANAK AUTIS KELAS 1 SDLB DI SLB KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Yeni, Ekawati (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI MEMAKAI KAOS KAKI DAN SEPATU PADA ANAK AUTIS KELAS 1 SDLB DI SLB KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yeni Ekawati_12103244023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pengembangan diri memakai kaos kaki dan sepatu pada anak autis kelas 1 SDLB di SLB Khusus Autis Bina Anggita. Pelaksanaan pembelajaran tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu (1) guru kelasdenganjeniskelaminperempuan dan satu (1) siswa autis kelas 1berjeniskelaminlaki-lakidanberusia 8 tahun. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran pengembangan diri memakai kaos kaki dan sepatu untuk siswa autis terdiri atas (1)perencanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil asesmen kemampuan awal siswa. (2)pelaksanaan, yaitu terdiri dari tahap awal guru membuka pembelajaran dengan berdoa dan mengulang materi sebelumnya, tahap inti guru menyampaiakan materi tentang memakai kaos kaki dan sepatu berupa praktek secara langsung.Pada saat memakai sepatu J masih sering menginjak bagian belakang sepatu dan karena tidak nyaman J menghentak-hentakkan kakinya ke lantai maka guru memberikanbantuan berupa gerakan guru menenangkan J lalu mengajak J duduk kembali dan membetulkan posisi kaki J sembari guru menerangkan ketika memakai sepatu J harus memperhatikan dan memaksimalkan penggunaan tangannya yaitu untuk memegang bagian belakang sepatu. (3) tahap evaluasi yang dilakukan secara terstruktur yaitu terdiri dari evaluasi proses yang dilakukan saat pembelajaran sedang berlangsung, evaluasi tes dan non tes dilakukan dengan melihat kemampuan praktek memakai kaos kaki dan sepatu dan evaluasi non tes yaitu dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap kemampuan J.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Dec 2016 02:27
Last Modified: 30 Jan 2019 12:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45089

Actions (login required)

View Item View Item